Dapatkan ide konten atau artikel menarik lainnya. Klik Disini

Desain Kartu Pelajar, ID Card dan KTM Dengan Photoshop dan Excel

Membuat kartu pelajar menggunakan photoshop sangatlah mudah, yang sulit adalah mebuat kartu secara masal dengan menggunakan data yang tersedia di excell secara cepat dan tidak ribet seperti fitur mail merge di word, tetapi dalam kasus ini di Photoshop.


Di atas adalah contoh template kartu pelajar yang saya lampirkan di artikel ini. Sebelum melangkah ke tutorial, sebaiknya download terlebih dahulu template kartu pelajar yang sudah saya buat :

Setelah download, kemudian extract dan letakan di drive d: dalam folder tersebut terdapat :
  1. folder foto, di folder ini untuk menempatkan foto-foto yg akan dipasang pada kartu pelajar, beri nama filenya dengan nomor induk siswa contohnya 968.jpg. Ukuran foto bebas, sebaiknya ukuran 3x4 resolusi 300 dpi.
  2. folder masing-masing, nama folder ini bebas, ini untuk menempatkan hasil final masing-masing kartu pelajar per siswa.
  3. file datasiswa.xlsx dan datasiswa.csv, ini berisi data yang akan dimasukan dalam kartu pelajar, format excel jangan diubah.
  4. file freebarcode39a.exe , file ini untuk menginstall font barcode, install terlebih dahulu sebelum menjalankan photoshop.
  5. file Kartu pelajar.psd adalah file utama untuk membuat kartu pelajar.
Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan setelah mengextract file diatas.

1. Ambil foto siswa, potong dengan ukuran 3x4 resolusi 300 dpi dan letakan di folder foto seperti contoh yang sudah saya sertakan dalam file diatas.

2. buka file excel, kemudian masukan data siswa dengan format yang sudah saya sertakan dalam file. Jika ada data siswa dari sekolah dalam format excel ini akan lebih cepat.
  
  • untuk barcode bisa menggunakan nomor induk siswa diawali dan diakhiri dengan tanda bintang, jika tidak maka hasil tampilan barcode tidak dibaca oleh barcode scanner.
  • untuk foto gunakan format "foto/nama_file_gambar.jpg" tanpa tanda petik. contohnya foto/968.jpg
  •  Isian lainnya menyesuaikan bisa menggunakan bahasa inggris seperti contoh diatas atau bahasa indonesia.
3. Setelah selesai mengisi data, simpan file, kemudian simpan lagi dengan format csv, caranya Save As > Other formats, tetapi sebelumnya pastikan regional seting menggunakan bahasa English, jika tidak pembatas CSV bukan koma tetapi titik koma (;)
 

Save As

 
pilih format Comma Seperated Value (CSV)
 
4. Jika sudah disimpan dalam format CSV, buka file photosop yang sudah saya sediakan dengan nama file Kartu pelajar.psd. Untuk memasukan database ke Photoshop buka menu Image > Variables > Data sets.
 
 
maka akan terbuka tampilan windows seperti berikut ini :
 

Klik tombol import :
 
  

Klik tombol Select File... arahkan ke file datasiswa.csv hasil export dari excel tadi, gunakan encoding Automatic dan centang keduanya seperti gambar di atas kemudian klik OK, setelah kembali ke window di atas, tekan tombol Apply.

5. Langkah selanjutnya jika tidak ada masalah anda bisa langsung mengekspor menjadi file psd satu persatu masing-masing siswa, jika masih ada masalah pastikan semua file foto sudah sesuai dengan yang ada di database. Cara mengekspornya melalui menu File > Export > Data sets as files.

 
Akan keluar windows seperti berikut :
 

 
 Klik select folder, bisa gunakan folder masing-masing dalam folder yang sudah saya sediakan. Untuk File Naming bebas, pada contoh diatas menggunakan format : Nomor urut + underscore + nama siswa, kemudian klik OK maka secara otomatis akan digenerate file psd kartu pelajar untuk masing-masing siswa. Jika anda menggunakan sampel yang sudah saya buat akan dihasilkan 9 kartu sesuai database yang ada di sampel.


Jika sudah selesai, langkah berikutnya adalah mencetak kartu, untuk cara cepatnya akan saya bahas pada tulisan berikutnya.


Selamat mencoba...!
.
Baca Juga
Sukses tidak melulu soal harta dan tahta, tapi tentang menebar cinta, bahagia, dan berbagi ilmu untuk membantu sesama.

Posting Komentar

© GudangProgram. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld